Thursday 17 March 2016

1001 Manfaat Vitamin Untuk Tubuh

1001 Manfaat Vitmin Untuk Tubuh Oleh Arif Ramadhan

Kebutuhan tubuh akan vitamin memang tidak dapat dihentikan, karena vitamin menjadi penunjang kesehatan tubuh. Beberapa orang yang menderita kekurangan vitamin akan mengidap gizi buruk. Untuk itu keperluan vitamin harus di cukupi setiap saat.

Vitamin berfungsi untuk melancarkan metabolisme suatu makhluk hidup termasuk manusia dan hewan, untuk mencukupi kebutuhan vitamin, manusia dan hewan akan mengkonsumsi tumbuhan. Setidaknya ada 13 Jenis vitamin untuk mempertahankan kehidupan suatu organisme diantaranya seperti vitamin A, B, C, D, E, dan K serta lain sebagainya.

 
Antioksidan yang masuk kedalam tubuh akan di cegah dengan vitamin, selain itu vitamin juga bertanggung jawab terhadap kesehatan kulit, dan menunda masa tua pada kulit dan wajah. Secara garis besar vitamin terbagi dua, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak.

Kekurangan vitamin disebut juga dengan nama defisiensi vitamin yang akan menyebabkan seseorang mudah sakit karena daya tahan tubuhnya lemah. vitamin sangat berguna dalam mengatur metabolisme tubuh dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Dalam kehidupan sehari-hari, vitamin dapat diambil dari makanan standar 4 sehat lima sempurna, empat sehat lima sempurna akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh dan membantu mencukupi nutris lain seperti kalsium dan mineral. empat sehat lima sempurna adalah cetusan pemerintah indonesia beberpa tahun yang lalu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian masyarkat.

Vitamin sangat di butuhkan oleh tubuh, tanpa vitamin yang cukup tubuh akan sering sakit. Selain itu vitamin juga bertanggung dalam masa perekembangan, orang yang kekurangan vitamin akan memiliki kelemahan dalam berfikir dan kurang cerdas dalam menyelesaikan masalah.

Tubuh memang hanya membutuhkan vitamin dalam sedikit, namun apabila tidak di cukupi akan sangat bahaya untuk kesehatan tubuh, fungsi vitamin tidak bisa di gantikan oleh senyawa lain dalam proses metabolismenya.  kekurangan beberapa vitamin akan menyebabkan rusaknya organ tubuh seperti halnya kehilangan vitmin A akan menyebabkan terganggunya penglihatan

0 comments:

Post a Comment